Sosialisasi Pengetahuan dan Keterampilan Mediasi Desa Wisata pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertujuan untuk mengembangkan kesadaran mahasiswa, mempromosikan penyelesaian konflik secara damai, mendidik keterampilan mediasi, meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah, serta memperkenalkan etika dan nilai-nilai yang terkait dengan mediasi. PKM dilaksanakan melalui metode sosialisasi yang melibatkan ceramah dan sesi tanya jawab. Hasil yang diharapkan dari kegiatan PKM adalah pemberian pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa sehingga mereka mampu berkontribusi positif kepada masyarakat. Melalui PKM, mahasiswa akan memahami apa itu mediasi, mengetahui keberadaan lembaga mediasi di setiap Kabupaten/Kota di Lombok, memahami pentingnya kode etik mediator, dan mengenal peraturan-peraturan mediasi yang berlaku. Dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan baru, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram bertujuan untuk menyampaikan pesan bahwa masalah atau konflik yang dihadapi oleh desa-desa wisata tidak selalu harus dibawa ke ranah hukum, melainkan bisa diselesaikan dengan efektif melalui mediasi.
Rincian Artikel
Cara Mengutip
Martayadi, U., Indraswati, D., Athar, L. M. I., Widiani, L., & Mahsar, L. (2023). Sosialisasi Pengetahuan dan Keterampilan Mediasi Desa Wisata pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. PENTAHELIX: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pariwisata, 1(3). https://doi.org/10.47492/pentahelix.v1i3.32
Bagian
Article