Analisis Faktor Penghambat Promosi Produk UMKM Gerabah di Desa Wisata Banyumulek, Lombok Barat

Isi Artikel Utama

Samsul Hakim

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada identifikasi faktor penghambat dalam promosi produk UMKM gerabah di Desa Wisata Banyumulek dan merumuskan strategi promosi. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis faktor penghambat dan merumuskan strategi promosi. Metode deskriptif kualitatif dan analisis SWOT digunakan, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan purposive sampling digunakan untuk memilih informan. Hasil penelitian menyarankan penggunaan strategi Kelemahan-Peluang (WO), memanfaatkan kelemahan untuk mengambil peluang yang ada. Rekomendasi mencakup maksimalkan promosi untuk menjangkau lebih banyak konsumen, meningkatkan pengetahuan pelaku UMKM melalui media promosi, dan pengembangan usaha dengan dukungan pemerintah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hakim, S. (2023). Analisis Faktor Penghambat Promosi Produk UMKM Gerabah di Desa Wisata Banyumulek, Lombok Barat. PENTAHELIX: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pariwisata, 1(3). https://doi.org/10.47492/pentahelix.v1i3.29
Bagian
Article
Biografi Penulis

Samsul Hakim, Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram

Pariwisata